Minggu, 10 Juni 2012

Tala`ah materi bahasa arab

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dan tidak lupa kami haturkan selaksa sholawat dan salam kepada sang baginda Nabi tercinta pembawa kedamaian bagi seluruh alam semesta sekaligus dipuja oleh jutaan insan yang bertakwa yakni Muhammad Ibn Abdillah.
Dan kami tidak lupa pula ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada teman-teman yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyelesaian makalah ini. Dan semoga makalah ini dapat memberi konstribusi sebagai wahana dalam rangka memperluas wawasan saudara-saudara khususnya pribadi penulis.


Pamekasan, 13, april 2011

PENULIS




BABI
PENDAHULUA
Latar belakang masalah tingkat (ktsp)standarnasional dalam setiap pelajaran, khususnya bahasa arab. Yang terdiri dari kopotensi dasar,materi pokok, dan indicator pencapaian.sedangkan penyusunan silabus disini yaitu merupakan bentuk pengembabangan akademik yang disesuaikan dengan kondisi suatu madrsah tersebut.
 Dalam tutunan kurikulum 2008 ini, dalam buku ini yaitu setiap pembelajaran dihaharuskan mencapai satu kopotensi dasar yang meliputi empat materi pokok.
القرأة , dalam materi ini siswa di tuntut untuk memantpkan didalam la tihan membaca yang bertujuan untuuk memahami teks atau makna.
القا عدة, dalam materi ini siswa di tuntut untuk bisa menunjukkan bentuk nahwu atau bentuk sharf pada teks yang diberikan. Dan disini juga lebih menekakan terhadap penguasaan qaidah.
الحوار , dalam materi ini siswa diberikan  beberapa pertanyaan yang bisa dilakukan dengan Tanya jawab singkat antara siswa tengtang teks yang sidah dibaca sebelumnya.
الكتابة, sedangkan dalam meteri ini memerlukan materi terkait seperti imla` untuk memperlancar  siswa dalam penulisan tulisan arab khususnya.
Dengan demikian maharat tersebut sangat perlu dalam pelajaran pelajaran bahasa arab.dengan demian bagi seseorang yang mempelajari bahasa arab harus mahir Dalam maharat tersebut













BABII

PEMBAHASAN

A.    Penyajian Pembelajaran

Dalam panduan terkandung didalam adalah sebagai berikut:

1.      Tujann
a.       Mengucapkan mupradat baru dengan lafar yang benar.
b.      Mengucapkan materi hiwar degab intonasi yang benar
c.       Menggunakan mufradat dalam kalimat dengan benar.
d.      Melafadkan bahan qira`ah dengan intonasi yang benar
e.       Menjawab beberapa huruf arab yang diprogramkan
f.       Menyusun kalimat dengan menggunakan kata yang disediakan.

2.      Materi pokok
a.       Hiwar
b.      qira`ah
c.       qowaid
3.  Strastegi pembelajaran
a.       menghafal mufradat
b.      menlis
c.       menyemak
4.     Media Pembelajaran
a.       stick figures
b.      buku besar
5.  Evluasi Pembelajaran.
a.       Tes tulis.





B.     Penalaahan atau anlisis isi(content analisis)
Kami menganlisis buku kurang sempurna betu sempurna dilahat
1.      Materi pokoknya
Dalam buku ini tercakup didalamnaya diantaranya.
a.       Hiwar
b.      qira`ah
c.       qowaid
Akan tetapi disana ada kekurangan, di sana tidak ada insyak muwajjah.
2.    Strategi pembelajara
Didalam materi ini terkandung didalamnya diantaranya
a.       menghafal mufradat
b.      menlis
c.       menyemak
Akan tetepi tidak ada perintah tentang
a.       Tanya jawab
b.       diskusi.
3.              Media Pembelajaran
Dalam buku ini tercanrtum didalamnya media sebagai berikut.
c.       stick figures
d.      buku besar
Akan seperti itu pada masa sekarang belum cukup kami akan menambah dari media tersebut diantaranya sebagai berikut.
a.       Bithoqoh al-lughah
b.      Pewer point.
4. Evluasi Pembelajaran.
a.       Tes tulis.
Dan juga dalam buku ini tentang evaluasi tercantum didalamnya diantaran sebagai berikut.
Menurut pendapat kami itu belum sempuurna kami akan menambah dengan   Tes baca.

DAFTAR PUSTAKA
  • A. Syaekhuddin, Halid Al-Kaf, Jalasyuti, BelajarBahasa Arab Kelas V, Jakarta : Erlangga. 2008 
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMUGA BERMAMFAAT