Selasa, 06 September 2016

CONTOH PROMES DAN PROTA

PROGRAM SEMESTER


Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan    : MTs 
Kelas / Semester        : VIII/I
Tahun Pelajaran       : 

*      Perhitungan Alokasi Waktu Pembelajaran

Bulan
Jumlah Pekan
Jumlah Pekan Efektif
Jumlah Pekan Tidak Efektif
Juli
3
2
1
Agustus
4
2
2
September
5
-
5
Oktober
5
5
-
Nopember
4
4
-
Desember
5
5
-
Januari
4
3
1
JUMLAH
30
21
9

Banyaknya Jam Pelajaran Efektif 21 Minggu x 3 jam pelajaran = 63 jam pelajaran

*      Distribusi Alokasi Waktu Pembelajaran

NO.
SK
NO.
KD
JUDUL SK / KD
Alokasi Waktu
1

Menyimak, (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang الساعة
5 JP

1.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang الساعة dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat
1
1.2
Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang الساعة yang meliputi bilangan bertingkat
2
1.3
Memberikan tanggapan/respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang الساعة yang meliputi bilangan bertingkat
2
2

Berbicara (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita, serta bertanya jawab) tentang  الساعة
4 JP

2.1
Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan bercerita tentang الساعة dengan menggunakan media gambar/alat peraga dan menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat.
2
2.2
Melakukan tanya jawab dengan lancar dan tepat tentang الساعة dengan menggunakan alat peraga dan struktur kalimat yang meliputi bilangan bertingkat
2
3

Membaca (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran) tentang الساعة
5 JP

3.1
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima tentang الساعة dengan menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat
1
3.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang الساعة dan menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat
2
3.3
Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang الساعة
2
4

Menulis (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis) tentang الساعة
2 JP

4.1
Menulis paragraf sederhana tentang الساعة dengan menggunakan struktur kalimat yang meliputi bilangan bertingkat
2
5

Menyimak (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang النشاط في المدرسة
5 JP

5.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang النشاط في المدرسة dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat
1
5.2
Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang النشاط في المدرسة yang meliputi kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
5.3
Memberikan tanggapan/respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang
النشاط في المدرسة yang meliputi kalimat berstruktur jumlah ismiyah ( mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
6

Berbicara (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita, serta bertanya jawab tentang  النشاط في المدرسة
6 JP

6.1
Menyampaikan informasi secara lisan tentang النشاط في المدرسة dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
6.2
Melakukan dialog sederhana tentang النشاط في المدرسة dengan tepat dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
6.3
Menjelaskan tentang النشاط في المدرسة melalui kegiatan bercerita dengan tepat dan benar dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
7

Membaca (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang النشاط في المدرسة
6 JP

7.1
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima tentang النشاط في المدرسة dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
7.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang النشاط في المدرسة dan menerapkan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
7.3
Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang النشاط في المدرسة
2
8

Menulis (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang النشاط في المدرسة
4 JP

8.1
Menulis paragraf sederhana tentang النشاط في المدرسة dengan menggunakan struktur kalimat jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
8.2
Menulis kegiatan siswa di sekolah dengan menggunakan struktur kalimat jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
9

Menyimak (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana ) tentang النشاط في البيت
6 JP

9.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang
النشاط في البيت dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat
2
9.2
Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang النشاط في البيت yang meliputi kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
9.3
Memberikan tanggapan/respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang
النشاط في البيت yang meliputi kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
10

Berbicara (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita, serta bertanya jawab tentang  النشاط في البيت
6 JP

10.1
Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat tentang النشاط في البيت dengan menggunakah media gambar/alat peraga dan menerapkan struktur kalimat jumlah fi’liyah
2
10.2
Berbicara tentang النشاط في البيت dengan tepat dan benar menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
10.3
Bercerita dengan menggunakan media gambar aktivitas di rumah dengan tepat dan benar mengguinakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
11

Membaca (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang النشاط في البيت
6 JP

11.1
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima tentang النشاط في البيت dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
11.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
11.3
Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang النشاط في البيت dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
12

Menulis (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang النشاط في البيت
3 JP

12.1
Menulis jadwal kegiatan harian di rumah dengan menggunakan struktur kalimat jumlah fi’liyah
2
12.2
Menulis paragraf sederhana tentang kegiatan sehari-hari di rumah dengan menggunakan struktur kalimat jumlah fi’liyah
1


Ulangan Harian (x)
2 JP


Remidi (x)
1 JP


Cadangan
1 JP


Ulangan Semester
1 JP


Jumlah
63 JP

        Pamekasan, 19 Desember 2011

                 Guru Mata Pelajaran




Drs. A. HARIS FIRDAUS
Guru PPL




WASILATUR ROHMAH
NIM. 180 812 220
Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Pademawu Pamekasan I



Drs. ABDUL KADIR JAILANI
NIP. 196803101994031001


























PROGRAM SEMESTER

Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan    : MTs Negeri Pademawu Pamekasan I
Kelas / Semester        : VIII/II
Tahun Pelajaran       : 2011-2012

*      Perhitungan Alokasi Waktu Pembelajaran

Bulan
Jumlah Pekan
Jumlah Pekan Efektif
Jumlah Pekan Tidak Efektif
Februari
4
4
-
Maret
4
4
-
April
5
5
-
Mei
4
4
-
Juni
4
3
1
JUMLAH
21
20
1

Banyaknya Jam Pelajaran Efektif 20 Minggu x 3 jam pelajaran = 60 jam pelajaran


*      Distribusi Alokasi Waktu Pembelajaran

NO.
SK
NO. KD
JUDUL SK / KD
Alokasi Waktu
13

Menyimak (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang الهواية
9 JP

13.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang الهواية dengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
3
13.2
Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang الهواية dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
3
13.3
Memberikan tanggapan /respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang الهواية dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
3
14

Berbicara (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita, serta bertanya jawab tentang  الهواية
5 JP

14.1
Bercerita tentang الهواية dengan lancar dan tepat
2
14.2
Melakukan wawancara dengan orang lain tentang الهواية
3
15

Membaca (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang الهواية
8 JP

15.1
Membaca kata, frase, kalimat tentang الهواية  dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
2
15.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang الهواية dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
3
15.3
Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang الهواية dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
3
16

Menulis (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang الهواية
5 JP

16.1
Menulis paragraf sederhana tentang الهواية dari beberapa teman sekelas
3
16.2
Menulis beberapa الهواية yang disenangi
2
17

Menyimak (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang المهنة
8 JP

17.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang المهنة dengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
2
17.2
Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3
17.3
Memberikan tanggapan /respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3
18

Berbicara (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita, serta bertanya jawab tentang  المهنة
5 JP

18.1
Bercerita tentang المهنة secara tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
2
18.2
Melakukan tanya jawab tentang المهنة secara tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3
19

Membaca (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang المهنة
8 JP

19.1
Membaca kata, frase, kalimat tentang المهنة  dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
2
19.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3
19.3
Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3
20

Menulis (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang المهنة
6 JP

20.1
Menulis paragraf sederhana tentang jenis-jenis المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3

20.2
Menulis profesi anggota keluarga siswa menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3


Ulangan Harian (x)
2 JP


Remidi (x)
2 JP


Cadangan
1 JP


Ulangan Semester
1 JP


Jumlah
60 JP

        Pamekasan, 19 Desember 2011

                 Guru Mata Pelajaran




Drs. A. HARIS FIRDAUS
Guru PPL




WASILATUR ROHMAH
NIM. 180 812 220
Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Pademawu Pamekasan I



Drs. ABDUL KADIR JAILANI
NIP. 196803101994031001



PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Satuan pendidikan    : MTs Negeri Pademawu Pamekasan I
Kelas / Semester        : VIII / I & II
Tahun Pelajaran       : 2011 / 2011

NO.
STANDART KOMPETENSI
ALOKASI WAKTU
1.

Menyimak (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang الساعة
5 JP
1.1

Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang الساعة dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat
1
1.2

Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang الساعة yang meliputi bilangan bertingkat
2
13.
Memberikan tanggapan/respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang الساعة yang meliputi bilangan bertingkat
2
2
Berbicara (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita, serta bertanya jawab tentang  الساعة
4 JP
2.1
Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan bercerita tentang الساعة dengan menggunakan media gambar/alat peraga dan menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat
2
2.2
Melakukan tanya jawab dengan lancar dan tepat tentang الساعة dengan menggunakan alat peraga dan struktur kalimat yang meliputi bilangan bertingkat
2
3.
Membaca (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang الساعة
5 JP
3.1

Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima tentang الساعة dengan menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat
1
3.2

Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang الساعة dan menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat
2
3.3

Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang الساعة
2
4.

Menulis (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang الساعة
2 JP
4.1

Menulis paragraf sederhana tentang الساعة dengan menggunakan struktur kalimat yang meliputi bilangan bertingkat
2
5.
Menyimak (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang النشاط في المدرسة
5 JP
5.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang النشاط في المدرسة dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat
1
5.2
Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang النشاط في المدرسة yang meliputi kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
5.3
Memberikan tanggapan/respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang النشاط في المدرسة yang meliputi kalimat berstruktur jumlah ismiyah ( mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
6.
Berbicara (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita, serta bertanya jawab tentang  النشاط في المدرسة
6 JP
6.1
Menyampaikan informasi secara lisan tentang النشاط في المدرسة dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
6.2
Melakukan dialog sederhana tentang النشاط في المدرسة dengan tepat dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
6.3
Menjelaskan tentang النشاط في المدرسة melalui kegiatan bercerita dengan tepat dan benar dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
7.
Membaca (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang النشاط في المدرسة
6 JP
7.1
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima tentang النشاط في المدرسة dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah ismiyah ( mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
7.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang النشاط في المدرسة dan menerapkan kalimat berstruktur jumlah ismiyah ( mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
7.3
Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang النشاط في المدرسة
2
8.
Menulis (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang النشاط في المدرسة
4 JP
8.1
Menulis paragraf sederhana tentang النشاط في المدرسة dengan menggunakan struktur kalimat jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
8.2
Menulis kegiatan siswa di sekolah dengan menggunakan struktur kalimat jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
2
9.
Menyimak (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang النشاط في البيت
6 JP
9.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang النشاط في البيت dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat
2
9.2
Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang النشاط في البيت yang meliputi kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
9.3
Memberikan tanggapan/respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang النشاط في البيت yang meliputi kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
10.
Berbicara (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita, serta bertanya jawab tentang  النشاط في البيت
6 JP
10.1
Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat tentang النشاط في البيت dengan menggunakah media gambar /alat peraga dan menerapkan struktur kalimat jumlah fi’liyah
2
10.2
Berbicara tentang النشاط في البيت dengan tepat dan benar menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
10.3
Bercerita dengan menggunakan media gambar aktivitas di rumah dengan tepat dan benar mengguinakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
11.
Membaca (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang النشاط في البيت
6 JP
11.1
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima tentang النشاط في البيت dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
11.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
11.3
Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang النشاط في البيت dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
2
12.
Menulis (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang النشاط في البيت
3 JP
12.1
Menulis jadwal kegiatan harian di rumah dengan menggunakan struktur kalimat jumlah fi’liyah
2
12.2
Menulis paragraf sederhana tentang kegiatan sehari-hari di rumah denagn menggunakan struktur kalimat jumlah fi’liyah
1

Ulangan Harian (x)
2 JP

Remidi (x)
1 JP

Cadangan
1 JP

Ulangan Semester
1 JP

Jumlah
63 JP

13.
Menyimak (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang الهواية
9 JP
13.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang الهواية dengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
3
13.2
Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang الهواية dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
3
13.3
Memberikan tanggapan/respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang الهواية dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
3
14.
Berbicara (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita, serta bertanya jawab tentang  الهواية
5 JP
14.1
Bercerita tentang الهواية dengan lancar dan tepat
2
14.2
Melakukan wawancara dengan orang lain tentang الهواية
3
15.
Membaca (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang الهواية
8 JP
15.1
Membaca kata, frase, kalimat tentang الهواية  dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
2
15.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang الهواية dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
3
15.3
Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang الهواية dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ + masdar sarih
3
16.
Menulis (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang الهواية
5 JP
16.1
Menulis paragraf sederhana tentang الهواية dari beberapa teman sekelas
3
16.2
Menulis beberapa الهواية yang disenangi
2
17.
Menyimak (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang المهنة
8 JP
17.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang المهنة dengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
2
17.2
Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3
17.3
Memberikan tanggapan/respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3
18
Berbicara (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita, serta bertanya jawab tentang  المهنة
5 JP
18.1
Bercerita tentang المهنة secara tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
2
18.2
Melakukan tanya jawab tentang المهنة secara tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3
19.
Membaca (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang المهنة
8 JP
19.1
Membaca kata, frase, kalimat tentang المهنة  dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang berterima dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
2
19.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3
19.3
Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3
20.
Menulis (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang المهنة
6 JP
20.1
Menulis paragraf sederhana tentang jenis-jenis المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3
20.2
Menulis profesi anggota keluarga siswa menggunakan kalimat berstruktur fi’l mudari’ dan kata an, lan, li (اَنْ، لَنْ، لِ)
3

Ulangan Harian (x)
2 JP

Remidi (x)
2 JP

Cadangan
1 JP

Ulangan Semester
1 JP

Jumlah
60 JP


      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMUGA BERMAMFAAT