Kamis, 24 Mei 2012

Metode pembelajaran Kosakata (al-Mufradât)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dan tidak lupa kami haturkan selaksa sholawat dan salam kepada sang baginda Nabi tercinta pembawa kedamaian bagi seluruh alam semesta sekaligus dipuja oleh jutaan insan yang bertakwa yakni Muhammad Ibn Abdillah.
Dan kami tidak lupa pula ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada teman-teman yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyelesaian makalah ini. Dan semoga makalah ini dapat memberi konstribusi sebagai wahana dalam rangka memperluas wawasan saudara-saudara khususnya pribadi penulis.




Pamekasan 26 Oktober 2011


PENULIS


DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
BAB II PEMBAHASAN 2
A. Dasar-Dasar Dalam Memberikan Kosakata Bahasa Arab 2
B. Langkah-Langkah Dalam Memberikan Kosakata Bahasa Arab 3
DAFTAT PUSTAKA 6






BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Dimana dalam pembelajaran bahasa arab membutuhkan beberapa kecakapan yaitu kecakapan dalam berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis.dan juga dalam pembelajaran bahasa arab ini sulit untuk dipahahami. Dimana untuk memahami bahasa arab ini butuk memperkaya kosakata bahasa arab.untuk cepat memperkaya kosakata ini perlu adanya langkah-langkah. atau metode.
Pada pembahasan makalah ini yaitu akan mengbahas tentang langka-langkah memberika atau meperkaya kosakata dalam pembelajaran bahasa, khususnya dalam bahasa arab. Dengan adanya langkah-langkah ini senantiasa bisa membantu kepada guru bagaimana cara yang baik dalam memberikan kosakata kepada anak didiknya dalam pembelajaran bahasa khususnya dalam pembelajaran bahasa arab.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Dasar-Dasar Dalam Memberikan Kosakata Bahasa Arab
1. Memberikan kosakata yang dibutuhkan oleh perindividu, yaitu: seorang guru dalam memberi kosakata harus sesuai dengan kebuhan setiap anak didiknya.
2. Memberikan kosakata yang jarang digunakan dalam sehari-hari ketikan seorang guru hendak menyuruh seorang murid membuat susunan dalam kalimat. Insya`
3. Memberikan kosakata secara terbatas kepada anak didiknya secara umum yaitu seorang pendidik dalam memberikan kosakata bahasa arab kepada anak didiknya harus membatasinya, misalnya tentang alat sekolah, maka guru harus membarikan kosakata yang berkaitan dengan peralatan sekolah tidak keluar dari itu. Biar anak didiknya cepat dalam mengengatnya.
4. Memberikan kosakata yang berhubungan dengan benda yang ada disekitarnya, yang mana seorang pendidik dalam memberikan kosakata bahasa arab yaitu dengan memilih kosakata yang ada disekitarnya yang sering diliahat oleh anak didiknya, sehingga anak didiknya cepat ingat dan cepat tanggap.
5. Memberikan kosa kata langsung disertai dengan artinya, disini guru memberikan kosakata bahasa arab langsung dengan ma`na atau artinya. Tampa memberikan gambaran apapun kepada anak didiknya.


B. Langkah-Langkah Dalam Memberikan Kosakata Bahasa Arab
Dan juga kami akan menjelaskan tentang langkah-langkah dalam memberi kosakata dalam pembelajaran bahasa arab.
Langkah-Langkah Dalam Memberikan Kosakata Bahasa Arab yaitu:
1. Memberikan kosakata dengan menggambarkan suatu benda. Yaitu: seorang guru dalam bemberikan kosakata bahasa arab kepada anak didiknya tidak menyampai secara langsung, akan tetapi masih menggambarkan suatu benda yang dituju.
2. Memberikan kosakata dengan mempraktekan langsung yaitu: yang mana seorang guru melakukan aktivitas yang berkenaan dengan kosakata tersebut, contoh seorang guru menulis kepapan tulis sambil mengucapkan كتب الاستاذ امام السبورة sehingga anak didiknya pahan atas apa yang disampaikan oleh gurunya.
3. Memberikan kosakata dengan menggunakan permainan yaitu: seorang guru dalam memberikan kosakata membuat seutu permaina atau alur cerita. Yang mana guru dalam memberikan kosakata tersebut seakan-akan bermain-main akan tetapik tidak lepas dari alu cerita itu tujuan untuk mengetahui kosa kata yang terkait dalamnya. Dan guru juga ikut serta didalam.
4. Menyampaikan kosakata yang berlawana. Yang mana seorang guru menyuruh kepada anak didiknya untuk melontarkan kosakata yang berlawanan dengan kosakata yang dilontarkan oleh seorang guru. Contoh ketika guru melontarkan kata الجميل maka seorang anak melontarkan kata القبيح
5. Menyaipaikan kosakata yang mempunyai arti sama berbeda dalam lafalnya. Dalam ini hampeir sama dengan langkah diatas tadi akan tetapi hanya berbeda dalam lafalnya saja. Ketika seorang guru melontarkan kata الترتيب maka seorang anak melontarkan kata النظام.
6. Menyampaikan kosakata dengan dijelaskan asal mulanya. Hal ini seorang guru menyampaikan kosakata yang disertai dengan penjelasan asal mula lafal tersebut. Contoh مكاتب yang asal mulanya adalah كتب
7. Dengan menggunakan susunan kalimat. Disini seorang guru memberikan kosakat dengan membuat susunan kalimat daartikan secarea perlafal. Contoh ذهب محمد الى مدرسة dalam kalimat ini diartikan satu persatu
8. Dengan cara membaca teks. Dalam hal ini seorang guru menyuruh kepada anak didiknya membaca suatu teks dan anak didiknya menanyakan kosakata yang sulit.
9. Dengan menerjemah. Yang mana seorang guru meminta anak didiknya untuk menerjemah sebuah susunan kata. Dan seorang memberitahukan kosakata yang sulit yang terkait dengan susunan kata tersebut.
10. langsung mencari didalam kamus. Ketika salah satu anak didiknya ada Yang tidak tahu pada salah satu kosakat maka seorang guru memerintahkan kepada anak didiknya langsung melihat atau mencari didalam kamus
Dalam salah satu buku juga dijelaskan tentang langkah-langkah penyampaian kosakata
1. menggunakan metode langsung yaitu seorang guru langsung menggunakan kosakata bahasa arab sebagai pengantar, ketika ada salah satu anak didik yang tidak mengerti salah satu kosakata yang ada dalam percakapan guru tersebut maka, guru mengembil alat peraga sebagai gambaran
2. menggunakan metode alami. Dimana seorang guri membawa anak didiknya kesalah satu tempat disana seorang guru mengenalkan benda-benda yang ada disekitarnya dengan menggunakan bahasa arab.
3. Menggunakan metode percakapan. Guru menyuruh kepada anak didiknya bercakap-cakap dengan kebiasaan sehari-harinya dengan menggunakan bahasa arab. Ketika ada kesulitan dalam menyampaikan kosakata. Maka seorang guru membantunya.
4. Dengan metode membaca. Dalam hal ini seorang guru menyuruh kepada anak didiknya membaca suatu teks dan anak didiknya menanyakan kosakata yang sulit.
5. Dengna metode mendengarkan. Seorang guru menyuruh kepada anak didiknya untuk mendengarka teks yang dibaca oleh gurunya atau temannya ketika anak didik menemukan kosa kata yang sulit anak didik tersebut menanyakannya.
6. metode menulis seorang guru menyuruh kepada anak didiknya untuk membuat susunan kata ketika anak didik. menemukan kosakata yang sulit anak didik tersebut menanyakannya.

DAFTAR PUSTAKA

 Izza, ahmad, H, Dr, M,Ag metode pembelajaran bahasa arab, humaniora, bandung
 الاستاذ متقين سعيد مدخل الى طريق تعلم اللغة العربية المدرسى اللغة العربية 1998 الاحكام

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMUGA BERMAMFAAT