Senin, 20 Februari 2017

FADILAH SALAT TAHAJJUD


Salat tahajjud memiliki banyak sekali fadilah , karena salat ini dapat mendekatkan kepada allah,  adapun fadilah dari salat tahajjud di antaranya sebagai berikut:
   1.      Allah akan mengabulkan doanya
Waktu salat tahajjud adalah waktu yang  sangat mustajab, karena pada saat itu jarang bagi kaum muslim yang melaksanakannya, sehingga allah memberikan jaminan kepada umatnya untuk mengabulkan doanya bagi orang yang berdoa di waktu itu.  Disebutkan di dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu,
يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ
Artinya: “Allah Subhanahu wa Ta’ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia.” (H.R. Bukhari dan Muslim).
   2.      Dapat mendekatkan diri kepada allah
Salat tahajjud merupakan ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada allah. sebagai mana telah di jelaskan dalam hadist
“sedekat-dekatnya  hamba kepada allah iaslah pada tengah malam yang terakhir, maka jikalau engkau dapat termasuk goloangan orang yang zikir kepada allah pada saat itu, aka usahakanlah”(HR. Al-Hakim)
Dalam penjelasan diatas bahwa orang yang melaksanakan solat tahajjud adalah orang yang sunggung-sungguh mendekatkan diri kepada allah. kerena salat tahajjud ini jarang dilaksanakan oleh kaum muslim kecuali bagi orang yang takwa kepada allah dan ingin mendekatkan diri kepada allah. yang mana telah di jelaskan dalam hadist
“ pada saat manakah salat malam itu yang lebih utama?” abu dzarr menjawab, “saya pernah bertanya demikian kepada rasulullah saw. Maka sabdanya,padatengah malam yang terakhir, tetapi sedikit sekali orang yang suka mengerjakannya.(HR. Ahmad dengan isnad yang baik)
    3.      Mendapatkan jiminan surga
Bagi seorang yang sungguh-sungguh dan istiqomah melaksanakan salat tahajjud, maka dia akan dijamin masuk surga diakhirat nanti.sebagai mana telah dijelaskan dalam Al-quran bahwa orang-orang yang menjaga sholat malam, itulah sebenarnya orang yang berhak dan layak menerima kebaikan serta rahmat-Nya.
Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka.  Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik; Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam;Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS Adz-Dzaariyaat ayat 15-18)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMUGA BERMAMFAAT