Sabtu, 13 April 2013

mengubah word ke pdf


PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format. Pastinya Anda pernah menjumpai dokumen seperti ini. Dokumen PDF tidak dapat diedit kecuali diconvert terlebih dahulu ke dokumen Word. Setelah sekian lama saya penasaran bagaimana cara membuat file PDF, akhirnya ketemu juga caranya. Kalau menurut saya, cara membuat file PDF ada 2 versi, versi yang pertama tanpa menggunakan software konversi dan versi yang kedua dengan menggunakan software konversi. Tetapi kali ini saya hanya menjelaskan versi yang pertama. Versi pertama hanyalah memerlukan software MS. Office. Jalankan MS. Office Word 2007 atau 2010. Kalau MS. Office Word 2007 harus menambahkan sebuah “add ins” untuk dapat menyimpan file dokumen Word ke file PDF. Add ins-nya dapat Anda download disini. Nama add ins-nya adalah SaveAsPDF. Sedangkan MS. Word 2010 tidak memerlukan “add ins”. Langkah-langkahnya seperti dibawah ini :

      MS. Office Word 2007
Buka Office Word 2007
Tulislah artikel yang ingin dijadikan PDF
Lalu klik Office Button
Pilih Save As dan klik tanda anak panahnya


Pada gambar diatas terlihat jelas pada tanda persegi panjang merah bahwa add ins-nya belum diinstal
Instal add ins-nya terlebih dahulu
Jika add ins-nya sudah diinstal maka tampilan Save As-nya akan berubah seperti ini




Klik pada “PDF” jika ingin menyimpan file dokumen Word Anda ke dalam format PDF



Tentukan lokasi tempat penyimpanan file PDF Anda
Lalu klik Publish
Selesai
MS. Office Word 2010
Buka Office Word
Tulislah artikel yang ingin dijadikan file PDF
Lalu klik tab File dan klik Save As




Pada Save as type klik menu dropdown dan pilih PDF
Tentukan lokasi tempat penyimpanan file PDF Anda
Selanjutnya klik Save
Selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMUGA BERMAMFAAT