Jumat, 17 Februari 2017

ANCAMAN BAGI ORANG YANG MENINGGALKAN SOLAT JUMAT



Solat jumat merupakan kewajiban bagi umat muslim dengan berjemaah. Kecuali yang empat golongan  yaitu hamba sahaya, perempuan, anak-anak dan orang sakit. Di mana dalam hadis nabi bagi seorang muslin yang mempunyai kewajiban melaksanakan solat jumat lalu dia tidak melaksanakan kewajiban itu, maka dia dicap sebagai orang munafik. Sabda  Nabi saw

مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلَاثًا مِنْ غَيْرِ ضَرُورَةٍ طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ(رواه الحاكم)
"Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali tanpa kebutuhan darurat, Allah akan tutup hatinya."(HR. Al-Hakim)
Dalam hadis lain dinyatakan

مَنْ تَرَكَ ثَلَاثَ جُمَعٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ (رواه الخمسة ولأحمدوابن ماجه من حديث جابر نحوه وصححه ابن سكن)
"Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali dengan meremehkannya, maka Allah tutup hatinya" )HR. lima ahli hadis. Juga diriwa oleh ahmad. Ibnu majah dan jabir seperti itu dan disahkan oleh ibnu sikkin)
Dalam riwayat lain, abu hurairah ra., dan ibnu umar ra,. Bahwa keduanya mendengar nabi saw.  Bersabda:
كما روى مسلم في صحيحه عن أبي هريرة ، وابن عمر رضي الله عنهما ، أنهما سمعا النبي عليه الصلاة والسلام يقول على أعواد منبره : ” لينتهين أقوام عن ودعهم الجمعات أو ليختمن الله على قلوبهم ، ثم ليكونن من الغافلين ” ،

Sebagaimmana hadits riwayat Muslim dalam shahihnya dari Abu Hurairah dan Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, keduanya mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di atas mimbarnya : “Hendaknya suatu kaum benar-benar berhenti dari meninggalkan shalat jum’at atau Allah akan menutup hati mereka kemudian mereka menjadi bagian dari orang-orang yang lalai.


Dalam beberapa hadis diatas sudah jelas bahwa bagi umat muslim wajib melaksanakan solat jumat pada hari kecuali ada udzur . apa bila bagi umuat muslim tidak melaksanakanya tampa udzur maka maka balasannya allah akan membuat hati mereka tertutup.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMUGA BERMAMFAAT